AIDA dalam Copywriting



Oke temen bisnis, kita bahas tahapan selanjutnya dalam ilmu copywriting yaitu rumus AIDA. Rumus AIDA ini sebetulnya dasar dari ilmu marketing pun copywriting yang cenderung berkategori marketing online.
Apa itu AIDA ? sehingga kita penting sekali untuk memahaminya dalam ilmu copywriting ini. AIDA merupakan suatu singakatan dari A attentions I interest D decision  A actions. Mari kita bahas satu persatu

ATTENTION
“ kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda “  masih ingat tagline itu kan ? Yap anda perlu mengambil perhatian dari pembaca anda detik-detik pertama mereka melihat tulisan anda. Jika di marketing ofline itu 30 detik pertama itu sangat menentukan, maka di marketing online itu 3 detik pertama penting sekali untuk menentukan pembaca melanjutkan atau kemudian scrol perhatian yang lainnya. Maka headline atau jika anda menggunakan gambar perlu di buat semenarik mungkin.

Contoh headline bisnis
#Bagaimana alat kecil ini Membantu saya Menghasilkan Ratusan Juta Rupiah?
#Bagaimana Saya menciptakan sebuah KEBERUNTUNGAN dengan sebuah Ide yang Bodoh?

Contoh headline kesehatan
#Bagaimana Anda Bisa Menurunkan Berat Badan 7-8 kg dalam satu minggu dan Tidak
Merasa Lapar!
#Bagaimana Anda bisa menggunakan alat baru ini untuk Menghilangkan noda jerawat dalam waktu 2 jam saja

INTEREST
Jika anda berhasil membuat orang untuk melanjutkan , maka jangan buat kecewa mereka dengan tulisan yang biasa saja. Untuk step selanjutnya siapkan informasi, fakta atau alasan mengapa mereka bisa meraih jutaan rupiah atau informasi mengenai berapa orang yang mengalami jerawat yang mungkin senasib dengan pembaca.


DESIRE
Maka di tahap ini kita buat pembaca merasa butuh dengan kita. Caranya dengan memberikan gambaran manfaat dari prodak atau tawaran yang anda berikan.

Contoh :
#Sistem bisnis ini diciptakan sedemikian muktakhir sehingga ketika anda liburan pun anda tetap mendapatkan penghasilan.
#Di perkaya dengan ramuan herbal alami sehiangga anda tidak perlu khawatir akan efek samping di balik langsingnya tubuh anda 

ACTION
Dalam tahap akhir ini anda harus benar benar membuat pembaca memutuskan untuk melakukan tindakan misal : share ini kepada teman yang anda sayangi, hubungi sekarang juga dll





Previous
Next Post »