Oke temen bisnis, kita bahas
tahapan selanjutnya dalam ilmu copywriting yaitu rumus AIDA. Rumus AIDA ini sebetulnya
dasar dari ilmu marketing pun copywriting yang cenderung berkategori marketing
online.
Apa itu AIDA ? sehingga kita
penting sekali untuk memahaminya dalam ilmu copywriting ini. AIDA merupakan
suatu singakatan dari A attentions I interest D decision A actions. Mari kita bahas satu persatu
ATTENTION
“ kesan pertama begitu menggoda,
selanjutnya terserah anda “ masih ingat
tagline itu kan ? Yap anda perlu mengambil perhatian dari pembaca anda
detik-detik pertama mereka melihat tulisan anda. Jika di marketing ofline itu
30 detik pertama itu sangat menentukan, maka di marketing online itu 3 detik
pertama penting sekali untuk menentukan pembaca melanjutkan atau kemudian scrol
perhatian yang lainnya. Maka headline atau jika anda menggunakan gambar perlu
di buat semenarik mungkin.
Contoh
headline bisnis
#Bagaimana alat
kecil ini Membantu saya Menghasilkan Ratusan Juta Rupiah?
#Bagaimana Saya
menciptakan sebuah KEBERUNTUNGAN dengan sebuah Ide yang Bodoh?
Contoh
headline kesehatan
#Bagaimana Anda
Bisa Menurunkan Berat Badan 7-8 kg dalam satu minggu dan Tidak
Merasa Lapar!
#Bagaimana Anda
bisa menggunakan alat baru ini untuk Menghilangkan noda jerawat dalam waktu 2 jam saja
INTEREST
Jika anda berhasil membuat orang untuk
melanjutkan , maka jangan buat kecewa mereka dengan tulisan yang biasa saja.
Untuk step selanjutnya siapkan informasi, fakta atau alasan mengapa mereka bisa
meraih jutaan rupiah atau informasi mengenai berapa orang yang mengalami
jerawat yang mungkin senasib dengan pembaca.
DESIRE
Maka di tahap ini kita buat pembaca
merasa butuh dengan kita. Caranya dengan memberikan gambaran manfaat dari
prodak atau tawaran yang anda berikan.
Contoh :
#Sistem bisnis
ini diciptakan sedemikian muktakhir sehingga ketika anda liburan pun anda tetap
mendapatkan penghasilan.
#Di perkaya
dengan ramuan herbal alami sehiangga anda tidak perlu khawatir akan efek
samping di balik langsingnya tubuh anda
ACTION
Dalam tahap akhir ini anda harus benar
benar membuat pembaca memutuskan untuk melakukan tindakan misal : share ini
kepada teman yang anda sayangi, hubungi sekarang juga dll
EmoticonEmoticon