BMC atau Bisnis Model Kanvas
BMC atau
Bisnis Model Kanvas adalah salah satu teknik menggambarkan suatu bisnis kepada
calon investor melalui satu kanvas. atau simplenya kita menjelasakan bisnis
kita melalui satu lembar kerja atau satu slide. mungkin anda pernah membuat proposal bisnis yang ingin anda
sampaikan ke pada calon investor nah bisnis kanvaspun prinsipnya mirip seperti
proposal bisnis, hanya lebih simple dan lebih mudah utnuk membuatnya.
lalu apa saja poin yg harus ada
dalam bisnis canvas tersebut
1. Value Proposition
Di bagian
ini anda menjelaskan value dari bisnis anda , apa bedanya bisnis anda dengan
yang lainnya ? atau nilai tambah apa yang bisa di dapat ketika orang memilih
produk/jasa anda ketimbang milik yang lain .
2. Customer Segment
Segment apa
saja yang termasuk kepada sasaran bisnis anda , di mulai dari jenis kelamin,
usia, pekerjaan, di mana mereka tinggal dll.
3. Channel
Channel
atau bagaimana informasi bisnis anda bisa sampai kepada segment yang sudah di
tentukan sebelumnya apakah dengan online melalui website dan media social atau secara ofline menggunakan sales person.
atau bahkan anda menggunakan semua element tersebut dengan persentasi
penggunaan chanel yang g di sesuaikan dengan target customernya.
4. Key Resources
Bagian ini
menjelaskan bagaimana bisnis anda tidak akan ada jika tidak ada………. titik –titik
tersebut bisa berarti SDM atau pekerja atau bahan baku yg di perlukan dalam pembuatan
produk yang hendak di jual
5. Key Activities
Di kolom
ini anda menjelaskan bagaimana anda bisa menciptakan value propositions, apakah
dengan teknologi yang canggih , management
training yag bagus atau yang lainnya yang membuat Value propotitions bagi
bisnis anda.
6. key Partnership
Dengan
siapa saja kah anda bermitra sehingga bisnis yang anda miliki menjadi terbangun
dengan baik, apakah dengan supplier bahan, jasa kurir, financial agent dll.
7. Customer Relationship
Bagian ini sangat penting bagi
bisnis apapun di dunia ini karena dengan menjaga relationship dengan pelanggan
maka bisnis kita akan bertahan . nah di bagian ini anda harus menjelaskan
bagaimana caranya anda menjaga hubungan dengan baik setelah penjualan. sehingga
harapan kedepannya customer tadi tetap setia kepada kita.
8. Revenue Streams
di bagian ini anda harus
menjelsakan produk/ jasa apa yang mampu memberikan pendapatan lebih selain dari
produk/jasa utama yang anda miliki.
9. Cost Structure
Biaya apa saja yang di perlukan
untuk menjalankan keseluran bisnis anda. namun sebagai catatan perlu dipisahkan antara keungan pribadi dan
keuangan usaha
EmoticonEmoticon