Bisnis Model Kanvas


BMC atau Bisnis Model Kanvas

BMC atau Bisnis Model Kanvas adalah salah satu teknik menggambarkan suatu bisnis kepada calon investor melalui satu kanvas. atau simplenya kita menjelasakan bisnis kita melalui satu lembar kerja atau satu slide. mungkin anda  pernah membuat proposal bisnis yang ingin anda sampaikan ke pada calon investor nah bisnis kanvaspun prinsipnya mirip seperti proposal bisnis, hanya lebih simple dan lebih mudah utnuk membuatnya.

lalu apa saja poin yg harus ada dalam bisnis canvas tersebut

      1. Value Proposition

Di bagian ini anda menjelaskan value dari bisnis anda , apa bedanya bisnis anda dengan yang lainnya ? atau nilai tambah apa yang bisa di dapat ketika orang memilih produk/jasa anda ketimbang milik yang lain .

2. Customer Segment

Segment apa saja yang termasuk kepada sasaran bisnis anda , di mulai dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, di mana mereka tinggal dll.

3. Channel

Channel atau bagaimana informasi bisnis anda bisa sampai kepada segment yang sudah di tentukan sebelumnya apakah dengan online melalui website dan  media social  atau secara ofline menggunakan sales person. atau bahkan anda menggunakan semua element tersebut dengan persentasi penggunaan chanel yang g di sesuaikan dengan target customernya.

4. Key Resources

Bagian ini menjelaskan bagaimana bisnis anda tidak akan ada jika tidak ada………. titik –titik tersebut bisa berarti SDM atau pekerja atau bahan baku yg di perlukan dalam pembuatan produk yang hendak di jual

5. Key Activities

Di kolom ini anda menjelaskan bagaimana anda bisa menciptakan value propositions, apakah dengan teknologi yang canggih  , management training yag bagus atau yang lainnya yang membuat Value propotitions bagi bisnis anda.

6. key Partnership

Dengan siapa saja kah anda bermitra sehingga bisnis yang anda miliki menjadi terbangun dengan baik, apakah dengan supplier bahan, jasa kurir, financial agent dll.

7. Customer Relationship

Bagian ini sangat penting bagi bisnis apapun di dunia ini karena dengan menjaga relationship dengan pelanggan maka bisnis kita akan bertahan . nah di bagian ini anda harus menjelaskan bagaimana caranya anda menjaga hubungan dengan baik setelah penjualan. sehingga harapan kedepannya customer tadi tetap setia kepada kita.

8. Revenue Streams

di bagian ini anda harus menjelsakan produk/ jasa apa yang mampu memberikan pendapatan lebih selain dari produk/jasa  utama  yang anda miliki.

9. Cost Structure

Biaya apa saja yang di perlukan untuk menjalankan keseluran bisnis anda. namun sebagai catatan  perlu dipisahkan antara keungan pribadi dan keuangan usaha


Previous
Next Post »