Rahasia di balik logo apple Computer

Rahasia di balik logo apple Computer
Apple adalah salah satu produk teknologi yang di gandrumi oleh setiap orang di dunia termasuk juga indonesia. Apple juga adalah produk yang menduduki peringkat tertinggi dan menjadi barang mewah bagi para penggunanya. Bisa jadi anda adalah salah satu pengguna setia dari apple ini dan mungkin saja anda sudah banyak menggunakan produk-produk apple yang harganya cukup tinggi.

Logo apel yang simpel namun elegan yang terletak dalam setiap produknya membuat kita mudah mengingatnya bahwa itu adalah produk apple. Namun tahukah anda ternyata logo ini mengalami tiga kali perubahan sejak pertama kali di gunakan pada tahun 1976 hingga saat ini.
Logo pertama yang di gunakan pada tahun 1976 itu di design oleh ronald wayne rekan dari steve job itu sendiri. Logo pertama yang di buat menggambarkan seorang Sir isaac newton yang duduk di bawah pohon dengan sebutir apel di gantung di atas kepalanya. Di sekitar logonya bertuliskan Newton, pemikiran yang terus mengarungi lautan yang aneh sendiri.

Setelah beberapa lama logo yang menggambarkan sir isaac newton ini akhirnya di ganti. Alasanya, steve job beranggapan bahwa logo ini terlalu klasik dan kuno bertolak belakang dengan perusahaan apple itu sendiri dengan karakter modern dan canggih. logo ini di anggap terlalu intelektual , detail dan di nilai susah untuk di ingat.

Rob janoff adalah rekan steve job selanjutnya yang di percayai untuk membuat logo baru perusahaan apple. Kali ini job berpesan untuk perusahaannya ini dia di butuh sebuah logo yang sederhana namun modern. Dan rob janoff pun dengan cerdas mengerti apa yang di inginkan oleh job “ a little bit more modern “ yang di ungkapakan langsung dalam bentuk logo. Jadilah bentuk apel dengan gigitan diatasnya, giigitan yang terdapat di apel tersebut tidak mengandung banyak arti namun dalam gigitan tersebut hanyalah variasi, hal itu di buat hanya untuk menegaskan saja bahwa logo apple itu apel, bukan jeruk ataupun mangga dan alasan lainnya adalah bahwa gigitan itu disesuaikan dengan istilah yang ada di dunia teknologi dan komputer yakni byte/bite.

Dalam logo kedua ini terlihat secara jelas kepribadian steve job yang cerdas dan kreatif pemikiran yang out of the box yang di lakukan selama karirnya. Di logo kedua ini steve job mencetuskan sendiri dengan menambhakan warna pelangi di logonya dan struktur warna pelangi yang di pake di susun terbalik, ini menunjukan bahwa salah satu filosofi dari steve job yaitu out of the box, kebebasan dan kebernainan untuk melakukan inovasi dan revolusi dalam teknologi. Dan logo ini bertahan cukup lama sampai 22 tahun sampai akhirnya di rubah lagi  setelah steve job kembali masuk ke Apple karena sempat di pecat dari perusahaannya sendiri.


Setelah itu pada tahun1998 steve mengubah design logonya kemabali dengan warna monochrome hitam yang sempat bertahan lama hingga akhirnya steve memutuskan untuk mengubahnya kembali dengan warna yang lebih solid dan perubahan warna ini lah yang bertahan hingga saat ini pada tahun 2007 job memilih abu-abu perak yang di anggap lebih canggih dan modern.



Previous
Next Post »